Upaya SoundCloud Salip Spotify?

 Upaya SoundCloud Salip Spotify?

SoundCloud kabarnya berencana membuat sesuatu yang baru untuk layanan musiknya. Perusahaan menyebut ini “fan-powered royalties” sebagai royalti dari pelanggan kepada musisi dan itu berarti biaya langganan atau pendapatan iklan SoundCloud akan dibagi antara musisi terkait, apakah artinya royalti tersebut langsung turun ke musisi tanpa melalui agregator? Hmmm kita tunggu kabar selanjutnya ya.

Untuk saat ini, SoundCloud belum mencapai kesepakatan dengan tiga label rekaman utama yaitu Warner, Sony dan Universal, tetapi musisi dapat menerapkan model ini dengan monetisasi secara langsung melalui SoundCloud Premier, Repost by SoundCloud, dan Repost Select Tiers. (Layanan ini menjadikan SoundCloud sebagai distributor musik, baik hanya di SoundCloud ataupun pada layanan streaming musik lainnya.) Hampir 100.000 artis yang berpartisipasi dalam program ini akan menjadi yang pertama merasakan royalti berbasis penggemar. Mereka akan menerima pembayaran pertama setelah 30 April tahun ini.

Saat ini, sebagian besar platform streaming musik memberi penghargaan kepada musisi besar dengan royalti terbanyak. Di Spotify, misalnya, perusahaan mencari tahu berapa banyak streaming yang terjadi di platformnya di negara tertentu dan kemudian menghitung bagian mana dari aliran tersebut yang masuk ke musisi tertentu. Hasilnya adalah musisi yang lebih kecil, yang mungkin tidak memiliki jangkauan besar tetapi juga memiliki penonton setia yang berdedikasi, akhirnya tidak menghasilkan banyak uang karena mereka mewakili porsi yang lebih kecil dari keseluruhan aliran.

Saat ini SoundCloud mengatakan bahwa sistem baru ini akan mengubah sistem pendapatan sebelumnya. Dengan model lama, musisi menghasilkan $ 120 sebulan, tetapi dengan royalti dari penggemar, dia menghasilkan $ 600.

Masih belum jelas bagaimana SoundCloud akan menyeimbangkan royalti dengan pembayaran label musik besar atau cara membagi pendapatan pendengar. Tapi untuk saat ini, ini terasa sangat eksperimental. Jika berhasil, musisi dapat mengadvokasi lebih banyak platform untuk menggunakan model ini, dan jika tidak, platform streaming dapat melanjutkan status quo, mungkin merugikan artis yang lebih kecil.

Sumber : https://www.theverge.com/

Related post