Pengingat Pengalaman Hidup

 Pengingat Pengalaman Hidup

Created with RNI Films app. Preset ‘Fuji Instax’

Penyanyi muda berbakat asal Indonesia yang kini berbasis di Australia, Rama Davis, akhirnya merilis debut EP yang berjudul “Here It Goes…”. Dirilis tanggal 9 April 2021, debut EP ini merupakan hadiah untuk dirinya sendiri sekaligus merupakan sebuah pengingat tentang apa saja yang telah terjadi dalam kehidupan Rama sejauh ini. EP berisi 5 buah track yang keseluruhannya ditulis oleh Rama dan diambil dari cerita kehidupannya sendiri. Itulah mengapa, Rama mengatakan, EP ini merupakan EP yang sangat personal baginya.

Here It Goes memiliki kesinambungan cerita dari satu track dengan track yang lain. Dimulai dari track pertama berjudul ‘Better On You’ yang sekaligus telah dirilis di bulan Oktober silam sebagai single yang menceritakan tentang pengalaman Rama yang telah jatuh cinta di waktu dan pada sosok yang salah. Track kedua berjudul ‘I’m Okay’ yang juga sudah dirilis oleh Rama sebagai single di bulan Februari lalu dimana lagu ini menceritakan tentang proses menyadari bahwa untuk mencintai orang lain, terlebih dahulu kita harus mencintai diri kita sendiri. Setelah berhasil mencintai diri sendiri dan benar-benar merasa nyaman dengan diri kita sendiri, Rama mengajak kita untuk belajar tentang melepaskan dalam lagu ‘How Are You, Home?’ yang merupakan track ketiga dari debut EP-nya. Lagu ini juga dirilis sebagai single utama di EP “Here It Goes…”. 3 Lagu pertama di EP ini memang menceritakan tentang bagaimana mengenal diri sendiri dan memperlengkapi diri supaya bisa lebih kuat menghadapi dunia. Itulah kenapa di track 4 dan 5, Rama mengajak kita untuk melangkah lebih jauh dalam ‘Here It Goes…’ dan ‘Let’s Go Far’.

Dalam penggarapan EP ini Rama dibantu oleh beberapa pihak seperti Yowha (Johannes Harijanto) dan Kevin Ruenda yang ikut menulis lagu-lagu dalam EP. Mixing dibantu oleh Ivan Gojaya, dan Mastering oleh Leon Zervos, seorang Mastering Engineer pemenang Grammy Awards yang sempat juga berkolaborasi bersama Rihanna, Maroon 5, Troye Sivan, dan lain-lain. Proses pembuatan EP ini dilakukan sepenuhnya melalui Zoom Call jarak jauh dari Jakarta dan Perth sejak pertengahan tahun 2020 lalu. Lepas merilis EP ini, Rama masih tetap akan merlis karya-karya terbarunya dalam waktu dekat. Dengan Rama yang kini telah berbasis di Australia, dia berharap untuk dapat membawa nama Indonesia untuk dapat lebih dikenal di Asia Tenggara karena beberapa karya Rama juga sudah pernah masuk di playlist digital streaming platform yang ada di Asia Tenggara.

Related post