Media Itu Gunanya Apa Sih?

 Media Itu Gunanya Apa Sih?

Yo yo yo. Whats up. Bang Jo pingin kasih tau kamu nih media itu gunanya apa sih? Oke mari kita berkenalan dulu dengan media. Media merupakan sebuah corong untuk mengolah informasi yang akan disampaikan kepada publik. Nah, terus siapa sih yang menjaga corong itu agar informasi tersebut berkualitas, mampu dipercaya, dan mampu membantu masyarakat untuk mengarungi dunia yang luas ini? 

Oke, Bang Jo kasih tau ya. Dia adalah Pers. Pihak yang dapat memverifikasi segala informasi demi kepentingan publik. Tapi menurut Bang Jo, peran dominan media dan pers sebagai penjaga gerbang seakan diruntuhkan oleh internet. Dimana semua lalu lintas informasi menjadi jauh lebih bebas dan sekarang Pers menjadi penjaga gerbang yang tidak berdinding. Semua orang adalah “jurnalis” yang dapat berbagi informasi dan memproduksi kontennya sendiri. Ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang lebih memilih mengkonsumsi berita melalui media sosial. 

Jika dahulunya cara media hidup melalui iklan sekarang sumber penghasilan media sudah diraup oleh dua raksasa digital yaitu Facebook dan Google. Akibatnya media pun hanya kebagian remah – remah yang akhirnya berdampak oleh jumlah wartawan dan upah wartawan pun menurun. Dengan banyaknya target untuk mengejar iklan maka Pers juga ditarget untuk memproduksi banyak konten. Namun, dengan banyaknya konten media juga tidak fokus untuk menganalisa dan membuat konten yang bermanfaat. Kuantitas konten yang dipaksa melebihi standar menjadi hal yang wajib digunakan media saat ini, daripada mementingkan kualitas konten.

Banyak sekali media komunitas bermunculan namun banyak juga yang tumbang karena dikelola dengan semangat dan tujuan ya untuk bersenang – senang saja. Dari sini kita bisa melihat bahwa internet membuat Media dan Pers kehilangan arah dari seorang penjaga gerbang sebelum informasi itu masuk ke publik sekarang menjadi sebuah pengejar click, traffic, viewers, like, followers, dan subscribers. Demi pengiklan maka media yang menyasar millennial, mereka mencari jalan simpelnya yaitu mengunyahkan info secara singkat dan publish secepat-cepatnya. 

Nah, gimana nih apa kalian udah tau gunanya media itu untuk apa? So, bagi kalian yang pingin memulai media independen dan media komunitas, Bang Jo kasih saran jangan lupa untuk mencari ceruk, strategi, dan bisnis model kalian sendiri sehingga tidak terjebak dengan logika iklan dan tekanan kuantitas. Sehingga kalian juga punya karakter kalian sendiri. Emang sih Bang Jo juga sadar kalau kita juga butuh cuan. Tapi, banyak cara kok cari cuan itu. Ya, seperti banyak cara juga kan deketin si doi. Kalau kalian pingin kaya mending kalian jaga lilin aja deh kayak babi ngepet. Simpel kan. So, semoga konten ini bisa jadi pengingat buat kalian semua. Saya Bang Jo pamit undur diri.

Related post