Moving Forward

 Moving Forward

Tiga bulan berselang usai melepas lagu berjudul ‘Tentangnya’ pada 29 Januari 2021 lalu, solois Cicilia Elsa akhirnya kembali melahirkan single terbaru berjudul ‘Belum Usai’. Makin menarik karena ‘Belum Usai’ dirilis oleh Cicilia Elsa di hari ulang tahunnya yang jatuh tepat pada tanggal 30 April 2021.  

Usia 25 merupakan babak baru bagi Cicilia Elsa, di mana ada banyak sekali hal-hal berkesan yang ditemuinya dalam perjalanan menuju titik sampai saat ini. Segala proses yang dilalui oleh cewek pecinta horor ini mengantarkannya pada fase baru self-reflection. Hal ini tentu memiliki kaitan erat dengan usia 25 yang kerap disebut-sebut sebagai masa quarter life crisis.

“Ketika kamu mengalami quarter life crisis, ya udah mendingan kamu berdiam diri dan melakukan semacam self-reflection,” ungkap songwriter yang memiliki mimpi terbesar dimarahin Isyana Sarasvati itu.

Single ‘Belum Usai’ ini sendiri awalnya dibuat untuk sebuah webseries, tak mengherankan jika garis besar cerita dan inspirasinya diambil dari plot cerita webseries tersebut. Kemudian Cicilia Elsa dipercaya untuk menyanyikan dan merilisnya dengan beberapa penyesuaian, seperti bagian chorus, melodi, dan komposisi.

“Jadi lebih aku banget!” Terang cewek yang akhir-akhir ini sedang menggemari Olivia Rodrigo tersebut.

‘Belum Usai’ diproduksi dalam kurun waktu sekitar dua minggu. Ini juga menjadi pengalaman baru bagi Cicilia Elsa karena untuk pertama kalinya ia dipercaya menyanyikan sebuah soundtrack.

“Jadi pengalaman baru buat aku untuk menyanyikan lagu yang ada di sebuah webseries, karena aku harus nonton webseries-nya dan ngerti ceritanya juga,” terang songwriter yang juga mengagumi Jeff Bernatt tersebut.

Meskipun mengusung tema tentang cinta, namun Cicilia Elsa memiliki pemaknaan lebih mendalam tentang single terbarunya itu. Lewat ‘Belum Usai’, dara berzodiak Taurus itu ingin menyampaikan pesan jika setiap orang tak boleh terus-menerus menoleh ke belakang dan harus selalu moving forward.

“Menurutku ketika kita hidup, kita akan selalu menanti sesuatu yang tak pasti. Jadi kayak ya sudah, waktu akan terus berjalan, percuma kalau kamu noleh ke belakang terus. Moving forward, tenang karena kamu nggak sendirian,” jelas cewek yang ternyata juga hobi menggambar itu.

Penjelasan Cicilia Elsa tersebut makin dipertegas dengan beberapa part dalam lirik lagu ‘Belum Usai’. Misalnya saja, “hal yang tak seperti diakhiri, tak harus disesali. Masih kita nanti sesuatu yang tak pasti,” atau juga pada bagian chorus Elsa juga menuliskan lirik “waktu tak berhenti tak akan kembali, cobalah mencari arti”.

Setelah melepas audio Belum Usai di semua Digital Streaming Platform pada 30 April 2021, menurut rencana Cicilia Elsa juga akan mengemasnya dalam sebuah music video. Menarik untuk ditunggu akan seperti apa konsep dan alur ceritanya, yang jelas single ‘Belum Usai’ ini akan menjadi pembuka masa Quarter Life Crisis yang manis bagi Cicilia Elsa.

Sebagai penutup, Cicilia Elsa mengungkapkan doa dan harapan yang luhur di hari ulang tahunnya yang ke-25 jatuh tepat pada 30 April 2021.

“Harapan aku adalah semoga bisa terus berkarya, terus mengeksplor musik aku sendiri juga dan kalian bisa relate sama lagu-lagu yang aku bikin buat kalian. Semoga lagu-lagu yang udah aku bikin bisa berguna juga buat kalian. Aku seneng aja ketika lagu itu relate untuk orang lain,” pungkasnya.

Well, happy 25th birthday, Els!

Related post