Vojomusic Music Player

Gigs or Festival?

Brian - 12 December 2019
IMG

Gigs. Pernah denger istilah yang bernama Gigs? Atau pernah datang ke acara Gigs? Oke pada tulisan kali ini saya akan sedikit banyak berbicara mengenai Gigs ini. Bagi kalian yang awam mengenai Gigs itu apa sih? Nah, mungkin tulisan ini cocok bagi kalian. Disini saya juga akan membahas sedikit mengenai festival. Mungkin sudah banyak yang tau ya kata-kata ini. Tapi Gigs mungkin belum banyak yang tau. Kemudian disini saya akan membahas juga mengenai Gigs dan Festival. Apakah kita harus datang ke Gigs atau Festival?. Oke langsung aja ya.

Gigs, menurut Wikipedia adalah “live musical performances”. Nah, diantara kita semua pasti sudah pernah menyaksikan yang namanya Gigs ini tapi belum mengerti betul makna sebenarnya mengenai Gigs ini. Gigs ini menurut saya adalah acara musik untuk mengenalkan scene musik tiap band dengan atau tanpa panggung serta dikemas secara catchy entah di rumah, studio, café, dan restoran. Dari era 90-an hingga saat ini memang banyak sekali Gigs yang diadakan di berbagai kota di Indonesia. Terutama di Surabaya kota Pahlawan yang satu ini mempunyai cerita yang sangat panjang mengenai skena musik nya. Namun itu merupakan bahasan di lain kesempatan. Mari saat ini kita berbicara tentang Gigs. Sebenarnya Gigs ini merupakan konser kecil dimana para performer atau band-band akan bermain dan menunjukan karya mereka.

Namun ketika nonton Gigs bukan sekedar nonton terus pulang seperti kita nonton bioskop. Tapi disini ada sebuah proses kreatif yang ada di dalamnya. Dari segi penonton mereka akan mencari info dan datang ke venue, membeli tiket, mengapresiasi performer, dan pulang membawa sebuah pengalaman yang berbeda. Kemudian dari segi penyelenggara, mereka membuat konsep, menyiapkan venue, alat, menentukan performer, dan gimmick lain yang disajikan ke penonton. Gigs juga menjadi ajang sosialisasi bagi mereka yang bosan oleh doktrin televisi dan mencari hiburan lainnya. Tetapi, uniknya penonton dari Gigs ini itu hanya itu-itu aja. Maka, tidak heran acara Gigs ini menjadi ajang temu kangen bagi para kawan lama yang memiliki selera musik sama. Hal positif dari Gigs juga biasanya ketika menonton Gigs para penonton terinspirasi oleh performer dan akhirnya membentuk band.

Bukan rahasia umum kalau band lokal dari Gigs ini mengandalkan pemasukan dari merchandise untuk pemasukan untuk menjaga eksistensi dalam bermusik. Itulah mengapa kita dari penonton harus support mereka. Menurut saya, memang banyak sekali pro dan kontra dari Gigs ini tetapi kita juga harus tidak lupa menularkan semangat Gigs ini ke penonton awam yang belum pernah tau mengenai Gigs. Simple kok caranya, kalian hanya harus mengajak ke acara Gigs lokal setempat yang ada daripada nganggur malem minggu nonton bo***. Mendingan nonton Gigs. Dengan nonton Gigs pula kita juga bisa menambah relasi juga loh. Kalau ngomongin loh kok mahal nonton Gigs 30 ribu? Nonton Gigs 50 ribu?. Emang sih itu juga tergantung konten yang di deliver oleh penyelenggara. Tapi gak ada salahnya kita mengeluarkan uang segitu dan mendapat relasi dan pengalaman yang berbeda. Jika ada masukan untuk penyelenggara memang jangan sungkan kita untuk mengkritik dan memberi saran demi kelangsungan perkembangan acara agar lebih menarik lagi. Karena menurut saya muara dari Festival besar pun bermula dari Gigs kecil yang akan menjadi besar. Begitu pula sebaliknya muara dari band kecil yang main di Gigs juga akan menjadi besar dan bermain di Festival. Memang semua ada proses yang harus dilalui.

Oke sekarang kita akan masuk ke Festival. Gak banyak sih mungkin yang dibahas di Festival ini. Festival menurut Wikipedia berasal dari Bahasa latin yaitu “Festa” atau dalam Bahasa Indonesia adalah “Pesta”. Jadi Festival adalah “Pesta Besar” atau sebuah acara yang meriah. Banyak memang Festival di Indonesia namun kali ini kita akan membahas Festival musik. Oke, di Indonesia sendiri banyak festival musik yang gak kalah dari Festival di luar negri seperti Soundrenaline, Hammer Sonic, Sunny Side Up Tropical Fest, Syncronize Fest, We The Fest, Lalala Fest, DWP, dll. Memang jika kita melihat beberapa Festival yang ada maka kita akan melihat line up band-band luar biasa yang sudah terkenal secara Nasional maupun Internasional. Tapi, terkadang kita juga gak tau ini siapa sih? Enak gak ya?. Ya, itu kembali lagi sih ke selera kalian masing-masing. Kalau saya sih enak gak enak coba aja liat mungkin performnya menarik bisa jadi pengalaman tersendiri kan akhirnya.

Festival memang tidak hanya menawarkan musik saja tetapi juga experience lain yang bisa didapatkan. Penonton juga dapat menikmati segala aktivasi yang disediakan oleh Festival tersebut. Secara keuntungan memang tidak hanya di penyelenggara acara dan performer atau band yang diundang. Tetapi adanya festival musik ini juga dapat menggerakan perputaran uang dan ekonomi di wilayah sekitarnya. Dengan begitu potensi ekonomi dan pariwisata yang ada di wilayah tersebut akan meningkat juga.

Nah, jadi gimana nih? Menurut kalian mau milih datang ke mana nih Gigs or Festival? Menurut saya sih kita harus mencoba keduanya. Karena pengalaman itu sangat berharga. Coba datangi Gigs lokal yang ada di kota kalian support local movement kalian. Kemudian baru datangi Festival yang ada. Oke sekian tulisan yang selalu ngalor ngidul entah kemana. Support Your Local Movement!!!