Vojomusic Music Player

Kejenuhan Melihat Musisi Itu Terus

Jono - 26 December 2019
IMG

Yup, Festival Musik. ya kalau bisa dibilang festival musik sudah menjadi kegiatan yang sangat wajib dan digemari oleh masyarakat, khususnya penikmat ataupun pelaku musik di Indonesia. Dengan makin maraknya berbagai macam festival musik baru yang menyediakan berbagai macam musisi maupun experience baru memberikan dampak yang besar pada industri hiburan saat ini. Dengan munculnya berbagai macam Festival Baru setiap tahunnya memang membuat berbagai perkembangan. Artinya, konten experience hingga musik yang disuguhkan pun juga menjadi bervariasi lagi. Penikmat musik dapat memilih untuk datang ke Festival Musik yang mana. 

Dari sisi penikmat yang merupakan consumer sekarang dan dahulu memang sangatlah berbeda. Jika dahulu musisi berskala Internasional sangatlah diminati oleh penikmat, dan sebaliknya musisi lokal tidak begitu diminati karena tidak terlalu terkenal. Namun, sekarang sangatlah berbeda. Musisi lokal mempunyai value sendiri dan karena value itu sendiri musisi lokal sangatlah diminati oleh penikmat musik di jaman ini.

Namun, sayangnya melihat Festival Musik saat ini banyak para promotor ataupun penyelenggara Festival kebanyakan melihat tiga macam Formula yaitu Line Up, penguasa Charts, dan Musisi Hype. Ya memang sih tidak ada salahnya karena itu semua yang menjadi patokan dimana Festival Musik tersebut akan ramai oleh penonton. Sehingga Line Up nya pun harus disukai secara Universal oleh target market Festival tersebut.

Oke, tapi ketika kita dicekoki hal yang sama berulang kali apakah kejenuhan itu tidak timbul?. Hal yang sama berlaku juga dengan Festival Musik. Lambat laun ketika Line Up di seluruh Festival Musik menaruh musisi itu terus-terusan akan terjadi Kejenuhan Pasar. Dibalik itu bagi musisi akan terjadi hal yang tidak produktif. Dimana dia akan terus membawa lagu dan album lama nya sehingga tidak ada karya baru yang ditampilkan.

Memang pengulangan penampil akan meraup untung secara bisnis. Tapi, apakah bertahan lama. Pengunjung pun lambat laun akan bosan dan juga akan mempengaruhi penjualan tiket. Ada baiknya promotor maupun penyelenggara acara menetapkan jeda bila ingin menampilkan musisi yang pernah tampil. 

Di lain sisi, Festival Musik juga mempunyai tanggung jawab besar untuk membuat perkembangan di industri hiburan dengan memperkenalkan musisi baru yang sedang merintis sehingga tidak melulu soal bisnis. Namun perkembangan industri, sosial, dan ekosistem juga wajib dan perlu diperhatikan.