VOJOMUSIC - Mungkin jika kita melihat beberapa tahun belakangan ini banyak sekali menjamurnya musisi dengan semangat Do It Yourself (DIY). Beberapa menjadi sebuah nama yang sangat meroket di akhir-akhir ini. Semangat independen menjadi tenaga baru di dunia permusikan Indonesia saat ini. Berikut ini merupakan lima musisi solo yang lagi meroket di tahun 2019 ini.

1. Pamungkas Pamungkas yang baru-baru ini telah melaksanakan tur album keduanya yang bertajuk Flying Solo Tour ini merupakan solois yang mempunyai semangat DIY yang kental selain seorang penyanyi, solois berkacamata ini juga merupakan seorang penulis lagu dan produser untuk semua musiknya. Gaya bermusik Pamungkas merupakan style yang ia buat sendiri dengan menggabungkan kekayaan musik elektronik, folk, dan pop. Semuanya itu dipadukan dengan suaranya yang jernih, powerful, dan lembut. Sehingga terciptalah dimensi suara baru yang fresh. Pamungkas sendiri sudah menghasilkan dua album yaitu Walk The Talk yang dirilis di tahun 2017 kemudian dirilis ulang dan ditambahkan 6 lagu di tahun 2018 dan album baru nya yang bertajuk Flying Solo Tour ini di rilis di tahun 2019. Kini Pamungkas menjadi salah satu solous yang patut diperhitungkan. Selain itu dia juga sudah sering berkelana ke berbagai macam festival besar di Indonesia seperti We The Fest, Synchronize Fest, dan Jazz Traffic.

2. Sal Priadi Seperti Pamungkas nama Sal Priadi juga tidak jarang kalian dengar di beberapa festival yang ada di Indonesia. Sal Priadi merupakan bintang yang bercahaya pada saat ini. Senandung karyanya mampu memikat publik untuk menjadi pendengar setianya berkat keunikannya. Ia juga pernah menjadi Artis Solo Pria Terbaik di ajang AMI Awards 2018. Dengan GZZ Records ia merilis single pertamanya. Dengan bantuan dari Mahatamtama dan Derry Haudin dari Coldiac ia mematangkan identitas musikalnya. Melalui lirik yang puitis diiringi instrumentasi megah dan ditemani dengan melodi sendu, Sal Priadi mampu menyuguhkan karya musik beresonansi. Tidak membutuhkan waktu lama Sal Priadi juga menelurkan sebuah karya bersama Nadin Amizah yang berjudul “Amin Paling Serius”. Dalam 15 hari saja lagu ini sudah diputar lebih dari 1 juta kali.

3. Nadin Amizah Gadis kelahiran tahun 2000 ini adalah Nadin Amizah seorang solois baru yang tidak hanya menjadi teman duet Sal Priadi tetapi juga merupakan teman duet Dipha Barus pada awalnya. Setelah kolaborasi itu nama Nadin Amizah makin naik dan dikenal oleh masyarakat. Nadin sebenarnya merupakan orang yang introvert namun bukan berarti dia tidak malu menunjukan kemampuan nya di antara banyak orang. Selain itu Nadin Amizah juga merupakan peraih AMI Awards di tahun 2017 dengan duet nya bersama Dipha Barus.

4. Ardhito Pramono Ardhito Rifqi Pramono atau yang dikenal Ardhito Pramono merupakan solois kelahiran tahun 1995 ini selain seorang penyanyi dia juga merupakan creative planner dan music director. Dia juga pernah terlibat di sebuah short film dan web series. Pada bulan Februari 2019 yang lalu ia telah sukses merilis EP berjudul “A Letter to My 17 Year Old”. Dia mengatakan bahwa EP nya itu merupakan pesan-pesan untuk dirinya yang berumur 17 tahun, agar lebih prepare akan hari kedepannya. Perjalanan masih panjang dan dia susah punya proyeksi yang lebih dalam tentang apa dan bagaimana musik yang bakal disampaikannya di masa mendatang. Dia mengaku bakal makin bereksplorasi dan mencari kenyamanan di dalam bermusik.

5. Bilal Indrajaya Musisi besutan dari NET Talent Management ini akan membawamu bernostalgia kembali ke tahun 90-an dimana zaman Dewa 19 sedang berjaya. Lagu-lagu Bilal juga diproduseri oleh Vega Antares. Lagu-lagu Bilal juga merupakan pengalaman pribadi yang memang ia rasakan di kehidupannya. Bilal memutuskan untuk berpisah dengan dia yang sudah bertahun-tahun bersama, namun ternyata perpisahan itu bukannya membuat lega ternyata malah menyisakan kekosongan. Meskipun Bilal berusaha untuk membencinya, Bilal ternyata tetap peduli. Wah, personal sekali ya lagunya!

Nah, itu merupakan solois yang sedang meroket di tahun ini. Gimana nih menurut kalian apakah salah satu dari kelima itu merupakan musisi favorit kalian?