VOJOMUSIC - Petra Sihombing, narasi dalam video pengumuman mengenai rencana rilis albumnya di 2020 ini. “Semenjak Internet” adalah tajuk yang Petra pilih untuk albumnya. Album ini, adalah ungkapan Petra tentang bagaimana dampak positif dan negatif dari penggunaan internet di kehidupan manusia saat ini. Langkah awal dalam mewujudkan resolusinya, Petra siap merilis single ketiganya di 23 Januari 2020 berjudul “Canggih” melalui platform digital.

Lagu “Canggih” adalah satu dari banyak lagu yang akan hadir dalam album Petra mendatang. Setelah sebelumnya Petra merilis “Cerita Kita Milik Semua” pada bulan Juli 2019 dan “Biji” pada bulan Oktober 2019. “Canggih” menggambarkan perbandingan antara teknologi yang berlari begitu pesat dengan daya gerak manusia yang hampir sulit mengejar. Petra mengajak kita berhenti sejenak dari pengejaran itu, agar kita sebagai individu dapat mempunyai waktu untuk mengevaluasi dan menghargai sekitar.

Proses penulisan lagu ini juga dibahas tuntas oleh Petra dan Sal ke dalam episode 1 podcast yang diberi judul “Semenjak Internet” (sama seperti judul album Petra, yang akan dirilis 23 Oktober 2020). Podcast ini juga berperan sebagai jembatan informasi setiap rilisan lagu Petra kedepannya. Podcast Petra dirilis 19 Januari 2020. Nantinya, podcast ini juga secara berkala dirilis pada tanggal 19, setiap bulannya.

“Canggih” diharapkan bisa menjadi pengingat bagi kita sebagai individu untuk bisa beriringan dengan teknologi tanpa harus meninggalkan esensi diri kita sebagai manusia.

“Intinya buat pengingat kalo teknologi itu harusnya ngebantu kita untuk bisa lebih baik sebagai manusia. Biar kita nggak di kontrol sama teknologi” - PETRA SIHOMBING